BUKU SKBDN ( SURAT KREDIT BERDOKUMEN DALAM NEGERI)

Posted: May 5, 2013 in BUKU - FINNY REDJEKI

SKBDN-FINNY REDJEKI S.E.,M.M.
Dasar dan Pemahaman
Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri
FINNY REDJEKI S.E.,M.M.

Hak Cipta © 2012 pada Pengarang dan dilindungi Undang-Undang
Edisi Pertama – 2012

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah yang Paling Pemurah ,
yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam.
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.
(Al-Qur’an, Syrat Ke-96 : 1-5)

BERSYUKUR ADALAH BERBUAT SESUATU YANG MEMBERIKAN MANFAAT BAGI DIRI KITA DAN ORANG LAIN.

Buku ini kupersembahkan kepada :
Kekasihku Ahmad Hidayat,
Buah hatiku, Muhammad Rizki Fauzi, Muhammad Raihan dan Salsabila

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum WrWb…………
Penerbitan buku berjudul Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) edisi pertama ini bertujuan untuk menyajikan pengetahuan dasar dan pemahaman mengenai produk jasa bank SKBDN yang dipergunakan untuk transaksi perdagangan dalam negeri. Produk jasa bank SKBDN ini belum banyak diketahui khalayak sehingga ketertarikan untuk mensosialisasikannya melalui penerbitan buku ini merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Upaya memperkenalkan keberadaan SKBDN dengan segala manfaat dan keunggulannya serta peran yang dimiliki diharapkan membuka pemikiran-pemikiran para pelaku pasar untuk mengoptimalkan produk jasa bank ini sebagai alternative pilihan dalam lalu lintas pembayaran dalam negeri . SKBDN yang merupakan Letter of Credit Lokal yang hanya berlaku di Indonesia ini, dalam pelaksanaannya mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia Nomor 5/6/PBI/2003 Tanggal 2 Mei 2003 Tentang Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri sehingga setiap SKBDN yang diterbitkan harus menyatakan subject to PBI No.5/6/PBI/2003.
Mengingat SKBDN merupakan instrument bank yang dipergunakan dalam transaksi perdagangan barang (khususnya) yang memberikan rasa aman bagi pihak penjual dan pembeli dalam lalu lintas pembayaran dalam negeri, maka Buku ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha pemula yang ingin mengetahui Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri, para mahasiswa Jurusan Ekonomi , Manajemen Keuangan dan Perbankan, Jurusan Kewirausahaan, Ekonomi Bisnis , Bankir, Dosen dan semua pihak yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai SKBDN dalam lalu lintas pembayaran dalam negeri sebagai dasar dan pemahaman.
Buku ini terdiri dari 13 Bab, dimana Bab I membahas SKBDN secara umum dan pentingnya serta lebih amannya transaksi perdagangan dengan menggunakan SKBDN bila dibandingkan dengan transaksi perdagangan lokal tanpa SKBDN (seperti Advance Payment, Open Account, Collection, Consignment maupun Barter).
Bab 2 mengupas definisi dan isi dari SKBDN. Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri merupakan Surat Janji Bayar Bersyarat yang diterbitkan oleh Bank Penerbit (Issuing bank) atas permintaan pembeli (applicant) untuk melakukan pembayaran kepada penjual (beneficiary) dalam jangka waktu yang disepakati (sight/ usance) melalui bank korespondennya, apabila beneficiary mampu memenuhi presentasi yang sesuai (Complying Presentation). Bab ini selain menjelaskan arti dari definisi tersebut juga menjelaskan secara rinci satu- persatu apa sebenarnya isi SKBDN itu.
Selain itu pengertian atau definisi dari Sales Contract yang merupakan kesepakatan antara penjual (beneficiary) dengan pembeli (applicant) juga isi dari Sales Contract yang meliputi 4 (empat) terms yaitu 1) terms of goods; 2) terms of payment; 3) terms of delivery serta 4) terms of documents dapat ditemukan pada Bab 3 buku ini.
Selanjutnya Bab 4 akan menjelaskan jenis-jenis dokumen perdagangan yang dibagi menjadi 3, yaitu dokumen keuangan, transportasi dan komersial , hal ini guna mempermudah dan mempercepat pemahaman publik dalam mengaplikasikan transaksi . Selain itu bab ini menjelaskan pula tugas dan fungsi bank dalam transaksi perdagangan dalam negeri yaitu melakukan pembelian dokumen perdagangan yang terdiri dari dokumen keuangan, dokumen transportasi dan dokumen komersial. Jenis- jenis dokumen ini akan dibahas satu persatu.
Dalam meneruskan instrument SKBDN dari bank satu ke bank lainnya dibutuhkan keberadaan hubungan koresponden antar bank yang bertransaksi, sehingga keberadaan hubungan koresponden antar bank merupakan hal yang fundamental dalam membangun nilai dari produk jasa bank karena memberikan dampak peningkatan pelayanan baik dalam penyelesaian transaksi juga biaya akan relatif lebih murah. Semakin banyak bank koresponden maka semakin banyak keuntungannya bagi pihak bank juga nasabah. Penjelasan ini dapat ditemukan pada Bab 5.
Sedangkan manfaat SKBDN dijelaskan pada Bab 6, dan Bab 7 akan menjelaskan mengenai Jenis SKBDN.
Bab 8 menjelaskan penyimpangan dokumen perdagangan (documents discrepancy/ies) yang sering terjadi termasuk jenisnya, sedangkan Bab 9 menjelaskan Struktur, Contoh SKBDN dan Format Specification dari SKBDN dengan menggunakan sarana telekomunikasi SWIFT .
Dengan mempelajari contoh SKBDN, akan tergambar struktur dari SKBDN yang sesuai dengan Format Specification yang ditetapkan oleh SWIFT yang memiliki format baku yang berstandard internasional.
Wajib diketahui bagaimana sebenarnya mekanisme SKBDN itu, baik secara total atau keseluruhan proses maupun penjelasan yang merupakan penggalan dari proses-proses secara keseluruhan, dimana penulis membaginya ke dalam 7 penggalan tahap yang dapat dibaca pada Bab 11, namun sebelumnya pada Bab 10 menjelaskan mengenai syarat penerbitan SKBDN dan syarat negosiasi SKBDN .
Bab 12 membahas mengenai Applicable Rule atas transaksi SKBDN yaitu Peraturan Bank Indonesia No.5/6/PBI/2003 Tanggal 2 Mei 2003 Tentang Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri sebagai acuan dari transaksi perdagangan dengan menggunakan SKBDN.
Buku ini pun dilengkapi dengan contoh-contoh formulir yang berhubungan dengan transaksi pembayaran dengan menggunakan SKBDN yang terdapat pada Bab 13 Lampiran, seperti formulir PP-SKBDN, Shipping Guarantee , Trust Receipt, Letter of Indemnity, Surat Kuasa dan contoh formulir terkait lainnya.
Penerbitan pertama buku ini masih jauh dari sempurna, penulis menyadari masih diperlukan banyak penyempurnaan –penyempurnaan lebih lanjut terkait dengan materi yang disampaikan. Olehkarenanya masukan untuk semakin menyempurnakan buku ini dimasa yang akan datang sangat diharapkan. Penyempurnaan guna memenuhi harapan pembaca atau mereka yang tertarik untuk mempelajari instrument produk jasa bank SKBDN ini akan terus penulis lakukan. (septatech@yahoo.co.id ; finnyredjeki@yahoo.com ; http://septatech.com )
Akhirnya penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang secara iklas telah membantu serta memberikan semangat dan motivasi untuk terselesaikannya buku SKBDN yang merupakan catatan kecil ini.
Semoga buku ini dapat memberikan manfaat. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr Wb

Comments
  1. fitri says:

    ibuu aku kangeeen :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s